Home
PRAMBANAN JOGJA COLOR RUN FESTIVAL 2024
CANDI PRAMBANAN JOGJAKARTA
25 Agustus 2024 s/d 25 Agustus 2024
JAKARTA COLOR RUN FESTIVAL 2024
ECOVENTION ECOPARK ANCOL JAKARTA
21 Juli 2024 s/d 21 Juli 2024
BANDUNG COLOR RUN FESTIVAL 2024
GEDUNG SATE BANDUNG
19 Mei 2024 s/d 19 Mei 2024
Cara Mendapatkan Sponsorship Untuk Event
Apa Itu Sponsorship?
Definisi dari
Sponsorship adalah sebuah kerja sama antara penyelenggara event atau EO dengan perusahaan/pribadi pihak ketiga yang memberikan dukungan berupa dana , barang, jasa, atau promosi untuk pelaksanaan event tersebut dengan tujuan kerja sama saling menguntungkan.
Cara Mendapatan Sponsorship Untuk Event Acara
1. Tentukan jenis sponsor yang dibutuhkan
Langkah pertama tentukan dulu jenis sponsorship sesuai kebutuhan acara anda.
Ada beberapa jenis sponsor yang umum ditemui, yaitu:
- Sponsorhip Utama: memberikan dukungan sponsor di atas 50% dari anggaran.
- Sponsorhip Umum: memberikan dukungan <= 50%.
- Sponsorhip Resmi: memberikan dukungan bisa dalam bentuk produk atau jasa yang sesuai dengan jenis produk dan acara.
- Sponsorhip Teknis: memberikan dukungan dalam bentuk jasa atau produk yang korelasi dengan operasional event.
- Sponsor Partisipasi: memberikan dukungan uang dan atau barang dalam jumlah kecil, pada umumnya sekitar 10% dari anggaran acara.
jadi anda harus menentukan bentuk dukungan yang anda twawarkan kepada calon sponsor.
2. Sesuaikan Sponsor Dengan Konsep Acara
Cara mendapatkan sponsor untuk event selanjutnya adalah memilih sponsor yang relevan dengan konsep event.
Hal ini akan memudahkan anda ketika menawarkan kerja sama dan memberikan value proposition
yang menarik bagi sponsor. Misalnya, untuk event festival kecantikan, sponsor yang ideal tentu saja produsen kosmetik, skincare, fashion, atau salon.
3. Cari Sponsorship Dengan Target Audiens Yang Sesuai.
Selain sesuai dengan konsep event,
cara mendapatkan sponsor untuk event juga harus memperhatikan demografi target pengunjung. Temukan sponsor yang audiensnya sama atau mirip
dengan pengunjung event anda. Biasanya sponsor lebih tertarik berkolaborasi dengan acara semacam ini karena mereka tahu akan mendapatkan
eksposur dan awareness lebih tinggi. Informasi tentang audiens sponsor bisa anda dapatkan
dari berbagai sumber di internet atau berdasarkan rekomendasi penyelenggara event lainnya.
4. Buat List Calon Sponsor
Langkah keempat adalah membuat daftar calon sponsor potensial. Kumpulkan informasi
tentang perusahaan-perusahaan mungkin cocok menjadi sponsor berdasarkan kriteria pada poin kedua dan ketiga.
Usahakan membuat banyak daftar sekaligus agar anda punya banyak pilihan. Data-data yang perlu dicantumkan antara lain:
nama perusahaan, alamat, nomor telepon, email, website, produk atau jasa, audiens. 5. Buat proposal yang menarik dan
profesional Proposal adalah dokumen penawaran kerja sama dengan calon sponsor. Proposal harus membuat mereka percaya bahwa event anda memang layak disponsori.
5. Buat Proposal Sponsor Profesional dengan Desain Menarik.
Proposal adalah dokumen penawaran kerja sama dengan calon sponsor. Proposal harus membuat mereka percaya bahwa event anda memang layak disponsori.
Nah, eoonline.id membantu anda para event organizer untuk mengelola acara, mencari sponsor dan menjual tiket/registrasi secara online. Caranya mudah
anda tinggal mendaftar sebagai member di
https://eooonline.id/daftar-eo,lengkapi persyaratannya, submit event
anda, dan mulai terkoneksi dengan para sponsor.
eoonline.id juga menyediakan fitur penjualan tiket secara online dan Digital Marketing Campaign untuk event anda,solusi efesien dan efektif untuk Event Organizer
untuk menyukseskan acara yang dibuat.